Tips Traveling Nyaman Bersama Bayi Lengkap dengan Printable Packing List

traveling bersama bayi

Traveling membawa bayi menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Bahkan mungkin traveling merupakan hal terakhir yang ingin dilakukan. Perasaan khawatir kalau-kalau si kecil menangis dan  menganggu orang lain saat perjalanan, khawatir si kecil jatuh sakit, membayangkan barang bawaan yang kayak pindahan rumah dan perasaan khawatir lainnya yang muncul. I feel you dan hal ini tentunya lumrah.

Membawa bayi bepergian memang membutuhkan persiapan khusus baik fisik maupun mental.

Persiapan fisik karena membawa bayi tentunya akan melelahkan, memerlukan persiapan dan bawaan extra. Persiapan mental diperlukan supaya kita tetap tenang, calm dan percaya diri sehingga energi positif ini akan mengalir ke si kecil.

Beberapa kali harus melakukan perjalanan internasional dengan membawa si kecil membuat saya memahami perlunya persiapan yang matang dan juga tidak terlalu mematok jadwal padat saat berjalan-jalan. Mencoba fleksibel untuk beberapa hal untuk menghindari stress saat perjalanan.

Traveling internasional kami yang pertama yaitu dari Glasgow ke Jakarta membawa Tania yang saat itu berusia 1.5 tahun plus saat itu saya tengah hamil 3 bulan.

Perjalanan-perjalanan internasional berikutnya kadang-kadang saya hanya sendiri bersama anak-anak. Seperti tahun lalu karena sesuatu hal, saya harus terbang sendiri membawa si bontot Kevin yang saat itu masih 3 bulan. Walaupun sedikit rewel namun Puji Tuhan semua dilalui dengan baik tanpa drama yang berarti. 

traveling with baby

Dengan persiapan yang baik, traveling membawa bayi not bad after all. Yuk kita simak bareng-bareng tips traveling dengan membawa si kecil.

1.MEMBUAT PACKING LIST

Jauh-jauh hari buat packing list, barang-barang apa saja yang perlu dibawa dan berapa banyak. Tentunya tergantung tujuan dan berapa lama perjalanan. Membuat packing list juga menghindari kita lupa akan barang-barang penting yang perlu dibawa dan juga menghindari last minutes rush.

Untuk membantu Anda mempersiapkan barang bawaan Anda, silakan download Packing List Traveling Bersama Bayi dibawah ini

2.BABYWEARING ATAU BAWA STROLLER??

Memilih babywearing atau membawa stroller tentunya tergantung kebutuhan dan kondisi. Jika banyak jalan kaki, stroller merupakan pilihan terbaik karena bersifat multifungsi, bisa digunakan sebagai tempat tidur, high chair ataupun tempat mengganti nappy dalam keadaan darurat jika kita tidak bisa menemukan baby room.

Jika banyak menggunakan mobil dan naik turun kendaraan mendingan babywearing, karena lebih simple. Saat saya hanya sendiri bersama Kevin, saya hanya membawa gendongan bayi, pertimbangannya karena saya sendiri saya tidak mau repot dengan bawaan. Namun juga tergantung pada si kecil, tidak semua bayi menyukai stoller atau babywearing. Pilihlah mana yang lebih nyaman bagi ibu dan si bayi.

Tania waktu kecil lebih banyak di stroller daripada digendong, didorong kemana saja dia nggak rewel bahkan seringkali ketiduran di stroller. Tapi anak saya yang kedua dan ketiga, Atta dan Kevin lebih menyukai digendong, alhasil walaupun ada stroller ujung-ujungnya minta gendong. Akhirnya, tangan yang satu menggendong sedangkan tangan lainnya mendorong stroller. Yang perlu dipertimbangkan adalah stroller maupun gendongan yang dibawa.

Pilihlah stroller yang ringan dan mudah dilipat, sehingga ketika tidak diperlukan mudah dilipat dan tidak memakan tempat. Begitu juga dengan gendongan, pilihlah yang nyaman namun baik untuk ibu dan bayi. 

3.MENYUSUI BAYI SAAT TAKE OFF DAN LANDING

Pada saat take off dan landing terjadi perubahan tekanan dalam kabin, hal ini bisa menyebabkan ear pain pada si kecil dan membuatnya rewel. Untuk mencegah ear pain ini susui bayi atau berikan dot atau dummy pada saat take off dan landing. Anda juga bisa memakaikan ear muff pada si kecil.

4.MEMBAWA MAINAN BAYI

Si kecil punya mainan favorit? Bawa mainan itu untuk menemaninya selama perjalanan. Saat-saat si kecil rewel berikan mainan favoritnya atau ajak bermain bersama Anda.

Saat perjalanan yang pertama dengan Kevin, saya membawa beberapa mainan favoritnya untuk selama perjalanan maupun saat tinggal di Indonesia. 

Tips bepergian bersama bayi

5.GANTI NAPPY SEBELUM MASUK PESAWAT DAN SETELAH 

Nappy yang sudah penuh atau pup tentunya membuat si kecil tidak nyaman dan rewel. Saya biasanya memilih mengganti nappy sebelum masuk dalam pesawat daripada mengganti dalam rest room pesawat yang sempit. Jadi, setelah sampai di gate biasanya saya mencari baby room untuk mengganti nappy dan supaya si kecil bisa tiduran atau hanya meluruskan badan di changing room setelah lama dalam gendongan atau dalam stroller.

Untuk penerbangan yang lama, tentunya tidak bisa menghindari mengganti nappy di dalam pesawat. Agar ebih praktis dan tidak berlama-lama dalam rest room, saya selalu siapkan satu tas kecil khusus untuk dibawa ke toilet yang isinya baby wipes, nappy, handuk kecil, baju extra dan alas baby changing.

6.TIBA DI BANDARA LEBIH AWAL

Never take a risk. Untuk penerbangan internasional biasanya 2 jam sebelum penerbangan sudah bisa check-in. Lebih baik datang awal daripada terlambat.

Cek kembali semua dokumen perjalanan yang diperlukan sehari atau dua hari sebelumnya seperti paspor, tiket, packing list, surat dokter dan check in online jika memungkinkan. Berhubung kami tinggal di kota kecil yang airport-nya hanya untuk perjalanan domestik, maka untuk perjalanan internasional kami harus ke kota besar seperti Busan atau Seoul.

Bepergian bersama bayi dan anak-anak kadang susah diprediksi. Untuk menghindari keterlambatan, tentunya tergantung jam penerbangan, jika harus pagi-pagi benar, kami memilih menginap semalam di dekat airport.

7.PESAN BASINET 

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan baby basinet. Baby basinet adalah tempat tidur kecil untuk bayi yang ditempelkan di dinding. Setiap pesawat biasanya hanya mempunyai dua baby basinet, untuk memastikan Anda memperolehnya, hubungi maskapai penerbangan yang Anda gunakan atau pastikan Anda membookingnya saat memesan tiket.

Pastikan Anda memesannya, jika tidak dipakai namun dapat menjadi extra tempat untuk menaruh barang bawaan seperti mainan, snack, dan selimut. Jika Anda beruntung dan banyak tempat duduk kosong biasanya pramugari akan menawarkan kita mendapatkan satu deret just for us.  Beberapa kali perjalanan perjalanan dengan kami mendapatkan empat kursi berderet untuk kami berdua. Lumayan, untuk meluruskan badan:)

8.PERSIAPKAN DOKUMEN PERJALANAN

Cek semua dokumen yang diperlukan dalam perjalanan, print out tiket atau screenshot tiket sehingga gampang mencarinya saat akan check in. Cek paspor Anda dan si kecil termasuk masa kadaluwarsa paspor.

Seorang teman pernah harus meng-cancel perjalanannya karena ternyata masa kadaluwarsa paspornya kurang dari enam bulan. Untuk kondisi tertentu kadang Anda memerlukan surat dari dokter yang menyatakan Anda atau si kecil fit untuk melakukan perjalanan.

Packing List9. BAWA SNACK ATAU MAKANAN UNTUK SI KECIL

Jika si kecil sudah bisa makan, jangan lupa bawa snack atau makanan favoritnya. Maskapai penerbangan kadang juga menawarkan makanan bayi, namun lebih baik Anda sudah bersiap membawa makanan yang memang disukai dan sudah familiar bagi si kecil. 

Masukkan beberapa snack dalam tas kabin. Membawa thermos air panas kecil untuk menyeduh susu atau makanan instant juga diperbolehkan dalam pesawat, tentunya Anda harus men-declare-nya sewaktu check in.

10. MEMAKAI OUTFIT YANG NYAMAN

Walaupun Anda dan si kecil ingin tampil cantik dan keren selama perjalanan, namun tetap pilih pakaian yang nyaman dan enak dipakai. Tentunya Anda tidak mau repot-repot melepas ikat pinggang, perhiasan atau hal-hal lainnya yang perlu dilepas pada saat security check.

Begitu pula pakaian si kecil, kenakan pakaian yang mudah dilepas atau dipakaikan, hal ini juga memudahkan saat mengganti nappy. Jangan lupa jaket dan selimut untuk si kecil bila terjadi perubahan suhu. Cardigan atau scarf yang mama gunakan juga bisa berfungsi sebagai nursing cover saat menyusui.

Mengenakan layer lebih baik karena Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi dimana Anda berada. Saat diluar pesawat mungkin suhu panas si kecil hanya perlu pakai kaos lengan pendek, namun dalam pesawat terutama saat berada di ketinggian kondisi udara menjadi lebih dingin, disini si kecil tentunya perlu memakai jaket atau sweater dan kaos kaki.

Spread the love

3 thoughts on “Tips Traveling Nyaman Bersama Bayi Lengkap dengan Printable Packing List”

  1. Pingback: Printable Packing List Traveling Bersama Bayi – Evadins

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *