Rahasia Tetap Produktif Saat Kerja dari Rumah

Apa yang ada dalam benak Anda saat mendengar working from home? Kerja dirumah sambil leyeh-leyeh, bisa kapan saja, pakai daster pun oke. Nggak ada bos yang mengawasi dan nggak perlu bangun pagi. Singkatnya, bayangan working from home atau kerja dari rumah itu enak, gampang dan mengasyikan.

Kenyataannya?? nggak seindah yang dibayangkan. The scenes behind working at home nggak selalu manis.  Apalagi buat ibu-ibu, lagi konsentrasi tiba-tiba si bocah minta snack atau ngantuk. Lagi terima telepon atau meeting online, background di belakang bocah nangis atau kejar-kejaran dalam rumah.

Bekerja dari rumah mempunyai tantangan tersendiri. Tidak ada bos yang mensupervisi, sehingga perlu memanage waktu sendiri, dan perlu memotivasi diri sendiri secara terus-menerus supaya tetap fokus dan on the right track. Bekerja dari rumah juga bisa berarti kesepian karena tidak ada teman bekerja.

Memulai work from home sekitar dua tahun yang lalu saat hamil anak ketiga, membuat saya harus on off dan menyesuaikan dengan new routine setelah kelahiran si kecil. Tiga bulan pertama merupakan masa-masa terberat dan saya benar-benar off. Tinggal jauh dari keluarga tanpa asisten rumah tangga berarti semua pekerjaan rumah harus diselesaikan sendiri.

KIra-kira setelah si kecil berumur 6 bulan, saya memulai lagi pekerjaan sebagai freelancer. Itupun sangat hati-hati dalam memilih job. Saya memilih job yang lebih fleksibel deadline-nya dan tidak memerlukan tatap muka via telepon.

Saat ini biasanya mulai bekerja diatas jam 9 malam setelah semua pekerjaan rumah tangga selesai dan sikecil sudah tidur. Baru saya bisa berkonsentrasi. Itu syukur-syukur kalo tidak ikut ketiduran saat ngelonin, kalo tidak ya…bablas sampai pagi.

Jika ada deadline, biasanya siang di sela-sela si kecil napping, saya gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan untuk tetap produktif saat bekerja dari rumah?

1. Ritual Pagi

Ritual pagi atau morning routine adalah aktivitas pagi yang kita lakukan setelah bangun tidur dan rutin dilakukan setiap pagi. Aktivitas ini bisa berupa doa pagi, baca renungan pagi, yoga atau olahraga. Morning routine berguna untuk menenangkan dan me-refresh pikiran kita agar kita tetap fokus dan memiliki motivasi sepanjang hari itu.

2. Tentukan Jam Kerja

Walaupun bekerja dari rumah fleksibel namun tetap tentukan jam bekerja. Hal ini untuk melatih otak kita terbiasa untuk mood bekerja. Pilihlah waktu dimana kita paling mood bekerja atau waktu saat suasana rumah tenang dan bekerjalah pada waktu yang ditentukan. Misalnya, waktu yang paling cocok adalah pagi sebelum everyone wake up, atau siang sebelum makan siang.

Komunikasikan waktu ini kepada anak-anak atau suami, sehingga mereka mengerti kapan waktu kita bekerja dan perlu. Meskipun hanya sekitar 30 menit atau 1 jam, gunakan waktu sebaik mungkin.

BACA JUGA : IDE KERJA DARI RUMAH UNTUK PROFESIONAL DAN IBU RUMAH TANGGA

3. Tetap rapi walau bekerja dari rumah

Percaya atau tidak, berpakaian rapi akan membuat kita lebih semangat dalam bekerja dan merasa lebih professional. Berpakaian rapi dan segar saat work from home bisa menjadi mood booster sehingga meningkatkan produktifitas.

kerja dari rumah

4. Tentukan tempat khusus yang didedikasikan untuk bekerja

Bekerja di rumah memang bisa dikerjakan dimana saja, dari tempat tidur atau sambil selonjoran di sofa. Namun sangat penting memiliki space khusus yang didedikasikan untuk bekerja. Selain menghemat waktu karena kita tidak perlu menyetup tempat setiap akan mulai bekerja tetapi juga membuat kita lebih fokus dan semangat dalam bekerja.

Tidak perlu ruangan yang besar atau a fancy desk, bahkan satu meja dan kursi sudah sangat cukup. Yang penting segala keperluan kita bekerja bisa ditaruh di satu tempat.

Anda bisa meletakkan meja di sudut ruang keluarga atau kamar Anda. Jika ditaruh dalam kamar sebaiknya tidak menghadap tempat tidur nanti malahan akan mempengaruhi mood bekerja. 

5. Memiliki break time

Seperti halnya bekerja di kantor, bekerja dari rumah juga memerlukan waktu istirahat. Dalam keadaan sibuk jangan lupa makan siang, minum atau jalan sebentar. Break time menjadikan Anda lebih produktif dan juga mengurangi stress.

BACA JUGA: INGIN MENGHASILKAN RUPIAH (ATAU DOLLAR) DARI RUMAH? SIMAK 7 WEBSITE BERIKUT INI

6. Jauhkan hal-hal yang membuat distraction

Tidak bisa dipungkiri, bekerja dari rumah banyak distraction-nya. Mulai dari handphone, temptation untuk cek sosial media setiap saat, anak yang rewel, piring kotor tamu dadakan dan masih banyak lagi. Panjang list-nya. Jauhkan hal-hal yang membuat distraction dan benar-benar fokus pada saat jam kerja, misalnya fokus 30 menit untuk bekerja tanpa mengecek medsos. Atau selesaikan pekerjaan rumah tangga sebelum waktu yang ditentukan untuk bekerja.

7.Membuat planning 

Membuat rencana tentang apa yang akan dilakukan besok pagi, goal apa yang ingin dicapai. Sebaiknya tuangkan rencana ini secara tertulis bukan hanya rencana yang dalam pikiran saja. Membuat rencana tertulis membuat kita lebih fokus dan juga menghindari kita menunda-nunda pekerjaan.

Dari ketujuh tips diatas, manakah yang telah Anda lakukan? Atau mungkin Anda punya tips khusus yang belum disebutkan diatas?

Stay Productive when you're work from home
Spread the love

7 thoughts on “Rahasia Tetap Produktif Saat Kerja dari Rumah”

  1. Pingback: WORK FROM HOME - Evadins

  2. Pingback: 10 Quote Motivasi Agar Anda Tetap Semangat (Free Printable untuk dekorasi dinding) - Evadins

  3. Pingback: 7 Situs untuk Kerja Online dari Rumah sebagai Freelancer - Evadins

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *