Let’s Read: Ayo Membaca Nyaring dengan Si Kecil

Membaca nyaring

Buku kecil ber-hard cover itu sudah kami baca bersama berulang-ulang sejak si bocah berusia 3 bulan. Membaca nyaring menjadi aktivitas favorit dan mengasyikan bagi kami,

“Aku menyayangimu karena…pipimu, lalu si bocah menunjuk pipinya

“Aku menyayangimu karena… mulutmu,” si bocah pun menunjuk mulutnya atau mulutku

Ada kalanya saat membaca nyaring bersama, saat kata “pipi”, aku akan mencium pipinya. Atau menggelitiki kakinya jika menyebutkan bagian kaki, dan si bocah akan tertawa kegelian.

Aktivitas membaca nyaring membantu anak membangun ketrampilan dasar seperti memperkenalkan kosakata baru, belajar mengekspresikan emosinya, serta membangun perkembangan sosial dan karakter anak.

Selain itu, membaca nyaring terbukti membantu anak belajar membaca, dan memaksimalkan perkembangan otak anak selama 6 tahun pertama (golden years).

Apa itu membaca nyaring?

Membaca nyaring atau biasa disebut juga read aloud adalah aktivitas membacakan cerita dengan suara nyaring kepada anak-anak. Dimana dalam membacakan cerita ini didukung dengan variasi intonasi, kontak mata, dan kadang disertai dengan pertanyaan atau komentar.

Dalam membaca nyaring anak-anak diajak berinteraksi. Hasil yang diharapkan dari membaca nyaring adalah memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan, bukan boring atau membosankan. Sehingga akan menumbuhkan kecintaan akan membaca dan menjadikannya habit dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Manfaat dari Membaca Nyaring?

Salah satu hak anak adalah mendapatkan pendidikan. Dan membaca merupakan salah satu faktor krusial dalam pendidikan. Manfaat membaca adalah membantu perkembangan kognitif seperti bahasa dan literasi, hingga perkembangan sosial-emosional.

Membaca nyaring dengan anak juga meningkatkan bonding antara orang tua dengan anak. Secara ringkas, beberapa manfaat dari membaca nyaring adalah sebagai berikut:

  • Mengembangkan kosakata baru.
  • Membangun koneksitas antara bahasa suara dan tulisan
  • Membangun koneksitas antara cerita dengan dunia disekitarnya
  • Memotivasi anak untuk membaca
  • Menstimulasi imajinasi anak dan indera lainnya
  • Memperkenalkan anak dengan buku dan media belajar
  • Membantu dan melatih kemampuan mendengar dan mengamati sesuatu
  • Memperkenalkan abjad kepada anak
  • Anak bisa menceritakan kembali (re-telling) apa yang ia dengar dari bacaannya dengan bahasanya sendiri.

Baca juga: Seperti Apa Sekolah “New Era’ di Korea Selatan?

Tips Agar Berhasil Dalam Membaca Nyaring

  1. Pilih buku yang akan dibaca. Buku yang dibaca perlu disesuaikan dengan umur anak, agar lebih mudah dipahami. Misalnya, untuk anak balita, pilihlah buku yang memiliki ilustrasi dengan warna-warna tegas, dan bright dengan sedikit kalimat.
  2. Mulailah sedini dan sesering mungkin. Tidak ada kata terlalu dini untuk mengajak si kecil membaca. Anda dapat membacakan cerita sejak si kecil lahir atau bahkan saat si jabang bayi masih didalam perut.  Tidak perlu lama-lama, mulailah 3 menit per hari, lalu jika berhasil, bisa diperpanjang menjadi 5 menit dan seterusnya. Yang penting adalah konsisten, anak dibacakan secara rutin setiap hari.
  3. Amati dan berikan komentar mengenai sampul buku dan ilustrasi dalam buku. Ilustrasi atau gambar merupakan visual yang akan membantu imajinasi anak dan membangun kosakata. Sebelum membaca, ajak anak untuk melihat dan mengamati gambar sampul buku dan selanjutnya ilustrasi dalam buku tersebut. Tanyakan apa yang mereka lihat, siapa saja, dimana dan apa yang sedang dilakukan. Ajak juga anak-anak untuk menebak apa isi cerita buku tersebut.
  4. Melakukan interaksi. Pembaca perlu melibatkan dan berinteraksi dengan anak-anak. Berhenti sebentar untuk bertanya atau memberikan komentar tentang cerita. Hal ini membantu anak memiliki koneksi antara cerita dengan dunia di sekitarnya. Misalnya, tokoh dalam cerita makanan kesukaannya adalah pizza, kita bisa bertanya, “Kalo kamu, makanan kesukaannya apa?” atau “Pizza rasa apa yang disukai?”  
Tips Membaca Nyaring

Dimana Mendapatkan Buku Bacaan?

Nah, setelah mengetahui betapa pentingnya membaca nyaring bersama si kecil, mungkin pertanyaan selanjutnya adalah dimana mendapatkan buku-buku bacaan untuk si kecil?

Buka lagi koleksi buku-buku dirumah. Kumpulkan dan taruh ditempat yang mudah terlihat dan dijangkau anak-anak. Dengan melihat buku setiap hari, anak akan tertarik untuk membukanya.

Jika Anda ingin menumbuhkan minat baca si kecil namun kurang stok buku bacaan. Ibu ngga perlu khawatir, saat ini banyak buku-buku digital yang bisa diakses gratis tanpa perlu keluar rumah.

Di masa pandemi ini, dimana kita perlu lebih banyak stay at home dan mengurangi interaksi dengan orang lain. Mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba digital book?

Let’s Read

Aplikasi Let's Read Membaca Nyaring

Let’s Read adalah perpustakaan digital yang memiliki banyak buku-buku berkualitas dengan ilustrasi yang bagus. Anda bisa mengunduh secara gratis aplikasi Let’s Read di Play store.

Membaca buku digital juga bisa menjadi alternatif menggunakan waktu screen time anak untuk hal-hal yang bermanfaat dan edukatif.

Buku-buku dalam Let’s Read sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Bahasa daerah yang tersedia diantaranya bahasa Jawa, Sunda, Batak Toba, Minang dan masih banyak lagi. Sehingga selain belajar membaca, anak-anak juga bisa belajar mengenai budaya dan bahasa daerah.

Memperkenalkan budaya membaca pada anak bisa dilakukan sedini mungkin. Tidak perlu menunggu sampai anak sudah dapat membaca. Bahkan ketika anak sudah bisa membaca sendiri, membaca nyaring bersama tetap menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Jangan lupa, share cerita ibu saat membaca nyaring bersama si kecil di kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat. Keep reading for our kids!!

Spread the love

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *