12 Ide Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga Maupun Profesional

Work from home atau kerja dari rumah, kata-kata yang akhir-akhir ini sering kita dengar, kata-kata yang begitu populer sehubungan dengan pandemic covid-19. Mungkin Anda salah satunya yang saat ini tengah menjalaninya. Enjoy? dan mempertimbangkan untuk bekerja dari rumah? 

Kerja dari rumah

Atau mungkin Anda adalah salah satu yang terkena dampak pandemi covid-19? Berkurangnya penghasilan atau bahkan kehilangan pekerjaan karena perusahaan tempat Anda bekerja melakukan pengurangan karyawan.

Bila saat ini Anda sedang mencari peluang baru, maka tulisan ini adalah untuk Anda. Anda bisa menggunakan skill yang Anda punya atau yang Anda gunakan dalam pekerjaan Anda sehari-hari. Atau belajar skill baru yang selama ini menarik bagi Anda dan start fresh dengan pekerjaan yang baru.

Dalam era digital ini, semakin banyak orang yang mempertimbangkan bekerja dari rumah.

Ada banyak hal yang menjadi faktor pendorong seseorang untuk memutuskan bekerja dari rumah. Untuk ibu rumah tangga seperti saya, memutuskan bekerja dari rumah karena ingin mendapat penghasilan dan namun tidak perlu meninggalkan rumah sehingga bisa tetap mengurus anak-anak dan rumah. Ada juga yang  simply karena pekerjaan 9 to 5  tidak cocok dengan gaya hidup yang menyukai fleksibilitas. 

Keuntungan bekerja dari rumah

Secara umum berikut ini keuntungan bekerja dari rumah:

  • Lebih banyak waktu bersama keluarga di rumah. Anda Bisa mengawasi dan mengikuti perkembangan anak-anak. 
  • Turut berkontribusi dalam pendapatan keluarga. Meningkatnya kebutuhan keluarga seperti dana untuk sekolah dan biaya sehari-hari memacu Anda untuk memiliki dana tambahan.
  • Mengurangi commute. Yang berarti mengurangi biaya transportasi dan waktu yang digunakan untuk commute bisa digunakan untuk waktu bersama keluarga
  • Mengurangi pengeluaran untuk baju kantor ataupun pengeluaran untuk makan siang
Terlepas apakah Anda ibu rumah tangga ataupun pekerja profesional, Anda bisa memulai kerja dari rumah. Bagi Anda yang masih bekerja, mungkin Anda bisa memulainya bekerja paruh waktu sampai establish sebelum memutuskan untuk full time kerja dari rumah. 

kerja dari rumah

Apa skill, hobi atau yang menjadi passion Anda?

Hal ini yang menjadi pertimbangan utama. Bekerja yang sesuai passion atau skill Anda tentunya sangat menyenangkan. Dan menjadikan Anda lebih produktif, kreatif dan semangat menjalaninya.

Banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion atau skill mereka. Akhirnya bekerja terasa berat, tidak menyenangkan dan tidak bisa mengembangkan potensinya.

Simak 12 ide pekerjaan berikut ini yang bisa Anda lakukan dari rumah bermodalkan internet, laptop dan tentunya skill yang Anda punya:

 1. Guru atau tutor online

Mungkin latar belakang Anda seorang guru atau Anda menyukai dunia mengajar, menjadi guru atau tutor online sangat cocok untuk Anda. 

Saat ini banyak platform edukasi online yang membutuhkan tutor online, baik platform dalam negeri maupun luar negeri seperti ruangguru dan brainly. Anda bisa memilih mata pelajaran yang sesuai dengan latar belakang atau keahlian Anda. 

2. Translator 

Jika Anda memiliki keahlian bahasa tertentu, misalnya bahasa Inggris, Perancis ataupun bahasa lainnya Anda bisa menjadi penterjemah bahasa Inggris ke Indonesia dan vice versa

Ruang lingkup pekerjaan ini cukup besar, tidak hanya menterjemahkan buku saja, namun menterjemahkan website, artikel bahkan aplikasi.

Untuk produk-produk luar yang ingin atau sudah memasarkan produknya di Indonesia biasanya mereka memerlukan website versi bahasa Indonesia atau  mengelola sosial media mereka dalam bahasa Indonesia.

Untuk memulainya Anda bisa gabung di website seperti upwork dan freelancer

3. Graphic Designer

Graphic designer termasuk posisi yang paling banyak dicari. Apalagi dengan berkembangnya dunia bisnis. Namun kompetisi dalam pekerjaan ini juga sangat tinggi. 

Graphic designer bisa dilakukan full time kerja remote. Jika Anda mempunyai pengalaman dibidang ini, Anda bisa memulainya melalui platform seperti Upwork. Saya masukkan keyword ‘graphic designer’  ada sekitar 15 656 jobs yang muncul. 

Yang Anda perlukan hanya komputer, koneksi internet dan kreativitas Anda menciptakan suatu desain. Untuk memulai mencari pekerjaan di Upwork atau  99designs, Anda hanya cukup membuat akun dan menunggu aprroval. Jika akun Anda di approve lengkapi profil Anda dengan portfolio.

4. Virtual Assistant

Sesuai namanya ‘virtual‘ pekerjaan ini dilakukan dari rumah. Pekerjaan  sebagai virtual assistant tugasnya meliputi mengelola email, mengelola sosial media, membuat desain grafis dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan administrasi. 

5. Editor

Menjadi editor atau penyunting perlu memiliki ketekunan dan kejelian untuk menangkap kesalahan dalam penulisan. Jika Anda mempunyai skill tata bahasa yang bagus, menguasai penulisan dan ejaan, dan detail, maka pekerjaan ini cocok untuk Anda.

Segala macam penulisan perlu diedit sebelum diterbitkan, bukan hanya buku saja namun Anda bisa mengedit konten seperti blog, website, mengedit suatu  terjemahan kedalam bahasa Indonesia. 

Perusahaan penerbitan buku dan media online seringkali mencari freelance editor untuk memenuhi kebutuhan mereka. Beberapa website yang bisa Anda kunjungi untuk mencari pekerjaan ini misalnya upwork, proofreadnow, freelancer.

6. Writer

Pekerjaan sebagai penulis sangat bisa dikerjakan dari rumah. Dengan berkembangnya informasi online, kebutuhan akan penulis juga semakin besar misalnya sebagai copy editing, content writer, maupun sebagai ghost writer.

Jika Anda enjoy menulis, pekerjaan ini cocok untuk Anda dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Andapun tidak memerlukan background pendidikan tertentu.

work from home

 

7. Bisnis Craft/Handmade

Banyak orang menyukai produk-produk handmade. Jika Anda salah satu yang mempunyai ketrampilan khusus. Gunakan skills itu untuk men-create sesuatu, menjualnya dan menjadi salah satu sumber income.

Beberapa teman memulai bisnis craft mereka dari hobi yang berubah menjadi sumber penghasilan. Membuat tas, aksesoris, sepatu/sandal, jewelry dan banyak ide-ide kreatif lainnya. Anda bisa menjualnya melalui sosial media maupun ke platform handmade seperti etsy. 

Untuk awalnya, Anda tidak memerlukan inventory yang terlalu banyak, buat beberapa sebagai portfolio, ambil foto yang menarik dan upload ke sosial media atau platform market place.

8. Menjadi Admin Sosial Media

Di era digital ini, hampir semua bisnis mempunyai media sosial. Media sosial menjadi alat penting untuk berkembangnya suatu bisnis. 

Untuk menjadi admin sosial media yang diperlukan adalah kemampuan berkomunikasi dan menulis dengan baik dan tentunya bisa membuat postingan yang menarik.

Untuk  membuat postingan yang menarik, Anda bisa mengunakan free tools yang mudah (tanpa perlu background desainer) seperti canva atau picmonkey. Jika tidak ada laptop, Anda juga bisa membuatnya melalui handphone. 

9. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Karena sampai kapanpun manusia membutuhkan makanan.  Namun demikian bisnis ini mempunyai kompetisi yang tinggi, untuk itu diperlukan inovasi dan kreativitas sehingga produk kita mampu bersaing dengan produk lainnya.

Untuk Anda yang menyukai kuliner dan gemar memasak atau baking. Anda bisa membuat hobi ini menjadi sumber income tambahan.  

10. Blogger

Blogging merupakan salah satu working from home yang banyak diminati terutama bagi Anda yang suka menulis.

Sumber penghasilan dari blog  ini ada beberapa cara antara lain melalui affiliate marketing, iklan, menjual produk tertentu maupun menjual produk  digital seperti printable, foto, kursus online maupun ebook.

Untuk memulai menjadi blogger yang Anda perlukan internet koneksi yang bagus, laptop atau handphone, dan tentunya kemauan menulis. Banyak kursus-kursus online gratis yang menyediakan informasi bagaimana memulai blogging. 

11. Freelancer

Anda punya spesial skill? seperti web design, video editor penterjemah, pekerjaan administrasi seperti kemampuan bookkeeping, membuat presentasi atau sosial media manager? Banyak perusahaan yang mencari freelancer untuk kebutuhan-kebutuhan diatas.

Untuk memulainya Anda bisa mengunjungi freelance marketing place baik dalam negeri seperti project.co.id, sribulancer maupun platform asing seperti upwork, freelancer, fiverr dan lain sebagainya.

Masuk dalam salah satu website diatas dan buat akun, biasanya Anda perlu menunggu sehari atau dua hari untuk mendapat notifikasi bahwa akun Anda disetujui. Jika akun sudah disetujui, lengkapi profil dengan portfolio yang Anda punya. Dan Andapun bisa memulai searching jobs.

12. Photography

Anda menyukai dunia fotografi? dan banyak mempunyai stok foto? Anda bisa menjual stok foto itu ke beberapa website dan setiap orang yang mendownload foto Anda harus membayar dan Anda akan mendapatkan komisi. Nice?

Beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk submit stok foto Anda, tentunya dengan syarat foto yang Anda mempunyai kualitas yang bagus, adalah

  1. Freepik
  2. Snapwire
  3. Shutterstock
  4. Depositphotos
  5. Pixabay

Seiring dengan berkembangnya bisnis rumahan, blogging, graphic design ataupun craft, kebutuhan akan foto yang mempunyai kualitas bagus juga meningkat.

Foto digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk mereka. Dalam hal ini Anda bisa menawarkan jasa pemotretan produk. Contohnya, sekarang banyak usaha-usaha coffee shop ataupun bakery yang berkembang, mereka memerlukan foto produk baik untuk  portfolio mereka maupun untuk tujuan pemasaran. 

Baca juga: Tetap Produktif dan Kreatif Saat Work From Home

KESIMPULAN

Di era digital ini dengan akses internet yang semakin mudah, peluang bekerja dari rumah semakin terbuka lebar. Memulai bisnis dari rumah lebih mudah, namun tetap membutuhkan kerja keras, konsisten dan kemauan untuk terus belajar.

Untuk memulainya Anda bisa menggunakan skill yang sudah Anda punya atau mempelajari skill baru yang selama ini menarik bagi Anda. Banyak sekali sumber-sumber online, ebook maupun buku yang dapat membantu Anda untuk memulai kerja dari rumah. 

“The key to success is start before you ready”

Marie Forleo

I know it’s a challenge, but if you keep waiting the right time, you might never start. 

So, setelah membaca tulisan diatas, kira-kira pekerjaan manakah yang cocok untuk Anda? Share pengalaman Anda tentang bekerja dari rumah di kolom komentar di bawah ini

Baca juga: Tetap produktif Saat WF

 

Spread the love

3 thoughts on “12 Ide Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga Maupun Profesional”

  1. Pingback: Rahasia Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah - Evadins

  2. Pingback: 7 Situs untuk Kerja Online dari Rumah sebagai Freelancer - Evadins

  3. Pingback: 7 Situs untuk Kerja Online dari Rumah sebagai Freelancer - Evadins

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *